Pocket

Screenshot_263

Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

Salah satu upaya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan perguruan tinggi adalah melalui berbagai program kewirausahaan seperti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) telah dimunculkan sejak tahun 1998, dan Cooperative Education Program (Co-Op) di Industri. Kemudian, pada tahun 2003 program Cooperative Education Program (Co-Op) dikembangkan di UMKM. Sedangkan programa selanjutnya adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diluncurkan pada tahun 2009. Program ini memberikan bantuan modal untuk memulai berwirausaha bagi mahasiswa, agar mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan kewirausahaan yang telah diperoleh dari berbagai program yang telah ada seperti PKMK, PBBT UMKM, atau program lainnya yang ada di PT masing-masing.

Pada tahun 2017 ini dilakukan revitalisasi program kewirausahaan menjadi Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang terdiri dari 4 program utama yaitu : Studium General Kewirausahaan, Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT), Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (EXPO KMI). Integrasi keempat program ini dimaksudkan agar kegiatan pembinaan kewirausahaan bagi mahasiswa dapat menghasilkan kemampuan berwirausaha yang sesungguhnya bagi mahasiswa. Sehingga tidak hanya terjadi perubahan pola berpikir, terjadinya peningkatan kemampuan dan ketrampilan berwirausaha namun hingga memiliki pengalaman berwirausaha paling dasar untuk nantinya dapat mengembangkan kemampuan ini lebih lanjut dengan berbasis keilmuannya.

Akhir kata, pedoman ini dibuat agar perguruan tinggi yang berminat memiliki gambaran lebih komprehensif tentang tata cara pengusulan proposal serta prosedur dan mekanisme pelaksanaan berbagai program kewirausahaan terintegrasi ini. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak terutama tim yang telah membantu revisi buku pedoman ini.

Jakarta,    Maret 2017
Direktur Jenderal Pembelajaran
dan Kemahasiswaan

Intan Ahmad

Lampiran :
Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA

*