Archive for May, 2016

Kemristekdikti Perpanjang Batas Waktu Penerimaan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2017

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Menyusuli surat Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor: 1359/E3/2016 tanggal 2 Mei 2016 tentang Penerimaan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2017, dengan hormat kami sampaikan bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat memperpanjang batas waktu Penerimaan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk pendanaan tahun 2017 sampai dengan tanggal 9 Juni 2016.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Daftar Jurnal Indonesia Terindex SCOPUS per Mei 2016 (Active=20)

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Daftar Jurnal Indonesia Terindex SCOPUS Mei 2016

Screenshot_336

Publisher’s Name

Screenshot_337

Total 23 jurnal (3 ganti nama), 20 active , 4 terindex di tahun 2014 ( Al-Jami’ah dari UIN Sunan Kalijaga dan Biodversitas dari MIPA UNS, Indonesian Journal of Applied Linguistics dari UPI, International Journal Of Electrical and Computer Engineering dari IAES) dan 1 terindex awal 2015 yaitu Studia Islamika dari UIN Syarif Hidayatullah.

Masih ada 1 jurnal kita yaitu International Journal On Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT) juga sudah dinyatakan accepted oleh SCOPUS Desember 2015 yang kemungkinan baru akan tampil di SCOPUS LIST akhir 2016 ini.

Sumber : Scopus journal title listMay 2016
https://www.elsevier.com/__data/assets/excel_doc/0015/91122/title_list.xlsx

Materi Workshop Sertifikasi Dosen Tahun 2016

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Tahun 2016

Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Tahun 2016

 Ketua program studi dan/atau Ketua Jurusan/Bagian Departemen S-1/Diploma sebagai salah satu unsur penyelenggara pendidikan tinggi merupakan elemen penting dan strategis dalam manajemen penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, Ketua Program Studi dapat menciptakan suasana akademik yang kondusif sehingga memungkinkan Tridharna Perguruan Tinggi dapat terlaksana dan berkembang dengan baik yang mengarah kepada tumbuhnya semangat pengabdian dan dedikasi.

Sehubungan dengan hal di atas, bersama ini kami sampaikan sebagai berikut:

  1. Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Sumber daya Iptek dan Pendidian Tinggi akan melaksanakan lomba-lomba di antaranya lomba Ketua Program Studi Berprestasi tingkat nasional yang pesertanya berasal dari Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri dengan melalui tahap-tahap di Pedoman Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Tahun Anggaran 2016 (dapat unduh di www.kopertis10.or.id)
  2. Kopertis Wilayah X untuk tahap awal akan melaksanakan seleksi dan penilaian terhadap calon Ketua Program Studi Berprestasi dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Seleksi dan penilaian dilaksanakan di kantor Kopertis Wilayah X tanggal 20 Juni 2016 mulai jam 09.00 WIB sampai selesai.
    2. Persyaratan Peserta adalah sebagai berikut :
  • Berpendidikan minimal S-2/Sp1
  • Mempunyai jabatan fungsional dosen minimal Lektor
  • Telah menjabat sebagai Ketua Program Studi dan/atau Ketua Jurusan/Departemen Sl/Diploma selama minimal 1 (satu) tahun terhitung sampai surat keikutsertaan sebagai peserta dikirimkan (dilengkapi dengan struktur organisasi)
  • Surat Pengantar dari pimpinan PTS yang menyatakan bahwa peserta yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi dibuktikan dengan SK pemenang dari pimpinan
  • Terdaftar sebagai dosen tetap di perguruan tinggi yang diwakili dibuktikan dengan NIDN.
  • Bagi ketua program studi yang pernah menjadi juara I,II, dan III tingkat Nasional 2 tahun sebelumnya tidak diperbolehkan ikut kembali
  1. Calon peserta harus membuat makalah 8-12 halaman di atas kertas ukuran A4 dengan spasi 1,5 menggunakan font 12 Times New Roman tentang Karya Inovasi Unggul di Bidang Pengelolaan Program hanya SATU YANG TERBAIK, yang dihasilkan dalam 2 tahun terakhir). Makalah berisi pendahuluan, permasalahan, tindakan, pembahasan, kesimpulan dan pengakuan dari pihak terkait. Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar. Penyajian makalah selama 15 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab selama maksimal 30 menit.
  2. Makalah yang terkait dengan karya prestasi unggul dan karya manajerial.
  3. Karya tulis dan deskripsi diri disampaikan ke Kopertis Wilayah X paling lambat tanggd 10 Juni 2016 (rangkap 4)
  4. Besar harapan kami Saudara dapat melakukan seleksi terhadap calon ketua program studi yang berprestasi di tingkat Fakultas atau Perguruan Tinggi Saudara sebelum dikirim ke Kopertis Wilayah X

Demikianlah kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.

Unduh:

Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Tahun 2016

Pedoman Pemilihan Ketua Prodi Berprestasi

Perpanjangan Pengajuan Proposal Insentif Sentra, Raih dan Uber HKI

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Pengumuman Perpanjangan Pengajuan Proposal

Kepada Yth.
Lembaga/Unit Pengelola HKI/Sentra HKI
Di –
Tempat

Sehubungan dengan penerimaan proposal Insentif Sentra, Raih, dan Uber HKI, bersama ini disampaikan perpanjangan masa pendaftaran, sbb:

  • Insentif Sentra HKI : Semula di terima tanggal 31 Mei 2016 (diperpanjang: 7 Juni 2016)
  • Insentif Raih HKI : Semula di terima tanggal 31 Mei 2016 (diperpanjang: 30 Juni 2016)
  • Insentif Uber HKI : Semula di terima tanggal 21 Mei 2016 (diperpanjang: 30 Juni 2016)

Proposal dikirim melalui pos dan ditujukan kepada:

Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual
Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung II BPPT, Lantai 20. Jl. MH Thamrin No. 8 Jakarta
Telp. 021 316 9784, Fax.021 310 2156

Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Jakarta, 20 Mei 2016

TTD

Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual

Surat Pengumuman:

Perpanjangan Pengajuan Proposal Insentif Sentra,Raih, dan Uber HKI

Program Transfer Kredit Mahasiswa Tahun 2016 PTS

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Dengan hormat, bersama ini diberitahukan bahwa sesuai dengan program kerja dan rencana strategis tahun 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan melaksanakan program Transfer Kredit Mahasiswa ke beberapa negara di ASEAN, ASEAN plus Three dan Eropa/ASEM. Berkenaan dengan hal itu, untuk tahun anggaran 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mengalokasikan anggaran untuk 50 (lima puluh) orang mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia yang akan diseleksi oleh Ditjen Belmawa untuk mengikuti program Transfer Kredit ke beberapa negara tujuan tersebut.

Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti dengan hormat mengundang seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program Transfer Kredit dengan mendaftar dan mengisi formulir registrasi (terlampir) serta mengirimkan proposal singkat yang berisi usulan biodata nama-nama mahasiswa peserta, program studi, surat keterangan dan penunjukan satu orang koordinator program Transfer Kredit untuk masing-masing perguruan tinggi. Pengusulan proposal dapat dilakukan dengan mengirim email kepada Sdr. Septian: maulanaseptian16@yahoo.co.id atau Sdri. Tsania: tsania.hanintisya@gmail.com atau via pos ke alamat Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan Jakarta 10270, paling lambat 1 Juni 2016. Untuk proses seleksi mahasiswa calon peserta masing-masing perguruan tinggi dapat mengikuti persyaratan yang terlampir dalam surat edaran ini.

Persyaratan mahasiswa mengikuti program Transfer Kredit Belmawa:
1. Mahasiswa Program Sarjana (S1)
2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di PTN/PTS
3. Sedang menempuh perkuliahan minimal pada semester IV
4. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimum 450 atau IELTS minimum 5.0

Proses seleksi:
1. Proses seleksi diselenggerakan oleh Perguruan Tinggi masing-masing
2. Pada proses seleksi mahasiswa wajib melampirkan CV, transkrip akademik dan sertifikat kemampuan berbahasa inggris (TEOFL/IELTS)
3. Proses seleksi meliputi desk evaluation dan wawancara
4. Wawancara dilaksanakan bagi mahasiswa yang lulus tahap seleksi desk evaluation
5. Kriteria wawancara meliputi: prestasi akademis, kemampuan Bahasa inggris, keperibadian, kemampuan berbahasa Inggris dan aktivitas extra kurikuler
6. Kelulusan calon peserta diumumkan paling lambat 1 minggu setelah proses wawancara

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Lampiran :
Formulir Registrasi PTS

Surat Edaran Panduan Pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2016

logo-kop-new-117251_570x306

Kepada Yth.
Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta
Dilingkungan Kopertis Wilayah X

di
Tempat

Berikut kami edarkan surat dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM)

unduh surat edaran

 

Demikianlah disampaikan,  kami ucapkan terima kasih.

Edaran Program Transfer Kredit Mahasiswa Tahun 2016 PTN/PTS

logo-ristekdikti-8-64407_172x172

Edaran program transfer kredit mahasiswa tahun 2016

Yth. Rektor/Direktur Perguruan Tinggi Negeri

Di

Tempat

Dengan hormat, bersama ini diberitahukan bahwa sesuai dengan program kerja dan rencana strategis tahun 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan melaksanakan program Transfer Kredit Mahasiswa ke beberapa negara di ASEAN, ASEAN plus Three dan Eropa/ASEM. Berkenaan dengan hal itu, untuk tahun anggaran 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mengalokasikan anggaran untuk 50 (lima puluh) orang mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia yang akan diseleksi oleh Ditjen Belmawa untuk mengikuti program Transfer Kredit ke beberapa negara tujuan tersebut.

Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti dengan hormat mengundang seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program Transfer Kredit dengan mendaftar dan mengisi formulir registrasi (terlampir) serta mengirimkan proposal singkat yang berisi usulan biodata nama-nama mahasiswa peserta, program studi, surat keterangan dan penunjukan satu orang koordinator program Transfer Kredit untuk masing-masing perguruan tinggi. Pengusulan proposal dapat dilakukan dengan mengirim email kepada Sdr. Septian: maulanaseptian16@yahoo.co.id atau Sdri. Tsania:tsania.hanintisya@gmail.com atau via pos ke alamat Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan Jakarta 10270, paling lambat 1 Juni 2016. Untuk proses seleksi mahasiswa calon peserta masing-masing perguruan tinggi dapat mengikuti persyaratan yang terlampir dalam surat edaran ini.

Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Direktur Pembelajaran

TTD

Paristiyanti Nurwardani

NIP. 196305071990022001

Tembusan:

  1. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
  2. Sekretaris Ditjen Belmawa
  3. Wakil Rektor/Direktur bidang Akademik
  4. Wakil Rektor/Direktur bidang Kerjasama

Persyaratan mahasiswa mengikuti program Transfer Kredit Belmawa:

  1. Mahasiswa Program Sarjana (S1)
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di PTN/PTS
  3. Sedang menempuh perkuliahan minimal pada semester IV
  4. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimum 450 atau IELTS minimum 5.0

Proses seleksi:

  1. Proses seleksi diselenggerakan oleh Perguruan Tinggi masing-masing
  2. Pada proses seleksi mahasiswa wajib melampirkan CV, transkrip akademik dan sertifikat kemampuan berbahasa inggris (TEOFL/IELTS)
  3. Proses seleksi meliputi desk evaluation dan wawancara
  4. Wawancara dilaksanakan bagi mahasiswa yang lulus tahap seleksi desk evaluation
  5. Kriteria wawancara meliputi: prestasi akademis, kemampuan Bahasa inggris, keperibadian, kemampuan berbahasa Inggris dan aktivitas extra kurikuler
  6. Kelulusan calon peserta diumumkan paling lambat 1 minggu setelah proses wawancara

Lampiran :

Formulir Registrasi

Informasi Pelaksanaan Tes TOEP/TKDA PLTI 2016

[Informasi Pelaksanaan Tes TOEP/TKDA PLTI 2016]

Bapak/Ibu yang akan mengikuti sertifikasi dosen tahun 2016, silahkan memperhatikan jadwal kegiatan tes TOEP/TKDA dan lokasi PLT yang ikut menyelenggarakan tes dimaksud, yang terdekat dengan domisili Bapak/Ibu semuanya.

Silakan unduh :


Pedoman Penyusunan Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat

Screenshot_309

Silakan unduh:

Nomer : 117 /E.E3/PM/2016   Tanggal : 12 Mei 2016

Penyusunan Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat

Pedoman Penyusunan Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.