Archive for April 7th, 2016

228 Mahasiswa Bersaing Pada ON MIPA-PT Tingkat Wilayah X

228 Mahasiswa Bersaing Pada ON MIPA-PT Tingkat Wilayah X

 Tahun ini, pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tingkat wilayah serentak digelar di 14 Kopertis di Indonesia. Seleksi tingkat Kopertis Wilayah X dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Drs, Hanafi MS di Pekanbaru (5/4/2016).

Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kelembagaan Kopertis Wilayah X, Dra. Skunda Diliarosta, M.Pd mengatakan Perguruan Tinggi mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkulalitas. Hanya negara dengan SDM berkualitas, menguasai IPTEK yang mampu bertahan dalam kompetisi global. Salah satu bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakat adalah ilmu-ilmu dasar dan matematika. Namun, sayangnya menurut Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Program for International Student Assessment (PISA), kualitas pendidikan di bidang ilmu dasar dan matematika ini masih rendah. Oleh karena itulah, ON MIPA-PT yang telah dirintis sejak tahun 2009 dilaksanakan sampai sekarang.

Penyelenggaraan ON MIPA-PT ini bertujuan agar dapat mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa dan staf pengajar bidang MIPA, mendorong mahasiswa untuk lebih mencintai bidang MIPA, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi dan sekaligus menjadi ajang promosi dan peningkatan daya tarik bidang ilmu MIPA, ungkap Skunda (6/4/2016).

Sebanyak 228 peserta dari utusan PTN dan PTS di wilayah Kopertis  X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) ikut berkompetisi. Lomba dilakukan dalam tiga tahap. Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang. Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik yang diumumkan di laman http://belmawa.ristekdikti.go.id tanggal 15 April 2016.

Seleksi tingkat Nasional dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 27 Mei 2016. Pada Tahap III ini akan ditentukan 20 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan 3 peraih medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, dan 5 honorable mention.

Peserta seleksi tingkat nasional ini mendapatkan sertifikat dari Direktur Belmawa dan peraih medali akan memperoleh hadiah berupa dana pembinaan. Khusus peraih medali pada bidang matematika akan diseleksi kembali untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition (IMC) 2016 di Bulgaria. Kita berharap peserta di tingkat Wilayah X ini ada yang berhasil sampai di Bulgaria, ujar Skunda.

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.