Archive for February, 2016

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2016

mahasiswa-wisuda_ry-share.blogspot.com

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2016

February 17, 2016

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
di seluruh Indonesia

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti kembali akan melaksanakan Pemilihan mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tahun 2016 yang dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu Program Sarjana dan Program Diploma. Sehubungan dengan hal tersebut, mohon Saudara untuk segera melaksanakan pemilihan Mawapres tingkat perguruan tinggi.Adapun tahapan seleksi Pemilihan Mawapres 2016 sebagai berikut:

    1. Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi

Masing-masing perguruan tinggi memilih 1 (satu) mahasiswa terbaik hasil Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi baik Program Sarjana maupun Program Diploma

  1. Seleksi Tingkat Nasional

Mahasiswa terbaik hasil Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi akan mengikuti Seleksi Tingkat Nasional pada tanggal 20 s.d. 23 Juli 2016. Pendaftaran Seleksi Tingkat Nasional dilakukan pada tanggal 25 Mei s.d. 5 Juni 2016.
Informasi mengenai persyaratan, penilaian, ketentuan lainnya dapat merujuk pada pedoman Pemilihan Mawapres 2016 yang dapat diunduh melalui laman http://mawapres.dikti.go.id/.
Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

TTD

Didin Wahidin
NIP 196105191984031003

Surat edaran dapat di unduh pada link berikut

Pedoman Mawapres :
Unduh Pedoman Mawapres Diploma
Unduh Pedoman Mawapres Sarjana

Sri Fatmawati, Peneliti Wanita Terbaik Dunia

peneliti

Sri Fatmawati, Peneliti Wanita Terbaik Dunia

Sri Fatmawati. Foto: Radar Surabaya/JPG

Sri Fatmawati. Foto: Radar Surabaya/JPG

Sabtu, 13 Februari 2016, 15:53:00

SURABAYA – Sri Fatmawati, dosen Institut Sepuluh Nopember (ITS), berhasil membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi kebanggaan merah putih.

Dosen jurusan Kimia Fakultas MIPA ITS itu masuk dalam lima peneliti wanita terbaik di dunia yang meraih penghargaan The 2016 Elsevier Foundation Awards for Early Career Women Scientists in the Developing World yang digelar di Washington DC, Amerika Serikat. Rencananya, penghargaan ini akan diserahkan di Negeri Paman Sam itu, hari ini (13/2).

Penghargaan ini akan diserahkan dalam acara the Gender & Minorities Networking Breakfast at the American Association for the Advancement of Science (AAAS) Annual Meeting di Washington DC, Amerika Serikat.

Selain Sri Fatmawati, empat peneliti lain yang juga menjadi pemenang penghargaan bergengsi ini adalah Sushila Maharjan PhD dari Nepal, Magaly Blas PhD dari Peru, Etheldrera Nakimuli-Mpungu PhD dari Uganda dan Ghanya Naji Mohammed Al-Naqeb PhD dari Yaman. Para penerima penghargaan ini diseleksi melalui sebuah rapat panel para ilmuwan terkemuka di dunia.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, yang saya tahu bahwa ilmu pengetahuan merupakan bagian dari jiwa saya. Saya berharap akan lebih banyak generasi muda yang bisa berbagai ilmu pengetahuan untuk kehidupan dunia yang lebih baik nantinya,” tutur Fatma, panggilan akrab Sri Fatmawati, saat dihubungi via telepon di Washington DC, AS, Jumat (12/2).

Yang mengagumkan, ini merupakan penghargaan internasional kesekian kali yang berhasil diraih perempuan berdarah Madura ini. Sebelumnya, Fatma juga pernah meraih beberapa penghargaan di antaranya International Fellowship L’Oreal for Women in Science 2013 di Perancis dan Early Chemist Award 2015 di Honolulu, AS. (han/jay)

Dunia akademik terperangkap oleh jurnal …

gambar jurnal

Dunia akademik terperangkap oleh jurnal …

joko luknanto

Yogyakarta, Minggu, 14 Februari 2016, pukul 06:37 wib.

Tujuan penelitian akademik di perguruan tinggi secara umum untuk mengungkap fakta-fakta baru atau terkini terkait obyek penelitian yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengertian yang lebih mendalam dari obyek penelitian.

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mungkin membutuhkan bantuan peneliti lain, atau membutuhkan verifikasi hasil penelitiannya. Oleh karena itu, peneliti membutuhkan interaksi dengan para peneliti bidang terkait. Diskusi intensif antar peneliti dalam bidang yang sama sangat bermanfaat. Adanya kebutuhan untuk diskusi, maka muncul ide agar hasil penelitian dipublikasikan supaya dapat menjadi bahan diskusi antara peneliti. Perlu diperhatikan bahwa diskusi-lah yang dibutuhkan, caranya dapat bermacam-macam, salah satunya adalah mempublikasikan hasil penelitian.

Oleh pebisnis, peluang ini digunakan untuk mengelola penerbitan jurnal yang dapat digunakan untuk publikasi hasil penelitian. Nah, ternyata pebisnis jurnal ilmiah sangat-sangat-sangat berhasil, menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, seperti disajikan dalam Gambar 1. Lucu memang, produsen ide penelitian, baik yang ingin menerbitkan mau pun yang membutuhkan acuan, masing-masing harus membayar, kepada pihak ketiga yaitu penerbit jurnal.

Penelitian di dunia internasional pun terperangkap dengan jurnal melalui slogan 'publish or perish', di Indonesia semakin parah saja ...
Gambar 1. Rantai produksi publikasi jurnal: seharusnys vs kenyataan.
Jurnal sebenarnya hasil sampingan sebuah penelitian! Penerbit jurnal sangat kreatif untuk membisniskannya, sedangkan kalangan akademik (di Indonesia) terperangkap oleh jurnal untuk kenaikan pangkat dan memperoleh tunjangan. Oleh karena itu, bisnis jurnal semakin tidak sehat baik oleh ulah penerbit jurnal maupun dukungan terpaksa dari kalangan akademik. Pengembangan teknologi internet, terutama “content generator technology” membuat proses pembuatan naskah akademis menjadi penuh tipu-muslihat untuk dapat diterbitkan pada sebuah jurnal. Bahkan bagi penerbit jurnal yang betul-betul “ngawur” kasus pada Gambar 2 sangat bisa terjadi. Penulis sengaja membuat naskah akademik yang betul-betul-betul tidak bermutu, ternyata diterima oleh penerbit jurnal yang sama sekali tidak bermutu.


Gambar 2. Naskah akademik yang dipalsu untuk menunjukkan bahwa ada penerbit jurnal yang curang. (Situs asli, poster)
Komentar seorang kolega:

{…Saya merasakan dan mengamati hal yang sama seperti yang diungkapkan Pak Djoko Luknanto. Karena kebijakan Dikti dan desakkan meningkatkan peringkat global PT dengan “impact factor” sebagai barometer, banyak penelitan yang semata-mata diarahkan untuk publikasi tanpa memperhatikan “economic, sosial, practical, and innovative impact.” Yang penting masuk jurnal internasional karena poin dan koinnya tinggi! Sementara buku dan bahan ajar dan materi lain baik (cetakan atau dipublikasi via internet) kecil atau tidak ada sama sekali poinnya, padahal secara langsung meningkatkan keefektifan dan kualitas pemelajaran.

Tulisan Maziéres dan Kohler merupakan satir dan parodi yang pedas. Isi dan topik artikel di jurnal (khususnya di bidang sosial) hanya replikasi dari artikel-artikel sebelumnya. Di UGM mungkin suatu saatnya menyadari validitas GMOYFURL (Get Me Off Your Fucking University Ranking List) yang ironisnya tidak meningkatkan kualitas pendidikan.

Tampaknya semua itu dilandasi oleh semangat “publish or perish.”

…}

Komentar di atas menggambarkan kondisi di Indonesia. Keterperangkapan tersebut tidak hanya dalam kebutuhan jurnal, tetapi juga pemeringkatan perguruan tinggi. Hal ini secara sistemik bahkan didukung oleh institusi pendidikan di Indonesia, baik pelaku pendidikan tinggi mau pun lembaga eksekutif yang seharusnya meluruskannya. Pemeringkatan perguruan tinggi, dalam sepuluh tahun terakhir ini sedang naik daun. Kalau bisnis jurnal telah menjadi perangkap dan mendatangkan keuntungan bagi pebisnis yang jeli melihat peluang. Pebisnis tidak hanya berhenti di situ, mereka melihat pemeringkatan perguruan tinggi merupakan peluang bisnis yang dapat sangat menguntungkan di masa depan. Hayo kita lihat bagaimana kaum cerdik-cendekiawan di perguruan tinggi dengan sukarela dan bersemangat masuk perangkap.

Catatan: Kembali ke kasus jurnal di atas, mungkin karena melihat ketidakadilan tersebut, salah seorang peneliti tentang syaraf, yang kesulitan untuk mendapatkan acuan, melakukan tindakan yang cukup radikal. Peneliti wanita dari Rusia, Alexandra Elbakyan, menggunggah hampir setiap jurnal yang dibutuhkan oleh komunitas akademik secara ilegal di internet. Silakan baca selengkapnya di situs ini.

Acuan

Sumber : http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/perangkapjurnal.html

oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/

Pengumuman Hibah Penelitian dan Pengabdian Kpd Masyarakat 2016

SIM-LITABMAS

Indonesia OneSearch by The National Library of Indonesia, 2016

12717358_910738375688347_1854875790214301132_n

Indonesia OneSearch by The National Library of Indonesia, 2016

http://onesearch.id/Search/Home

Terhimpun Journal dan ebook dari berbagai institusi dalam dan luar negeri.
Terdapat 2.734 Journal reputasi berbagai bidang ilmu, sebanyak 21.473.752 artikel jurnal full text avaiable SIAP DIUNDUH, tanpa perlu login.

BROWSE by INSTITUTION
Bisa search dari masing-masing institusi dengan klik http://onesearch.id
akan tampil laman Browse by Institutions, ada Citeseer, PNRI, PubMed Central, Unand, UGM, Unsyiah, UIN, UB, Telkom U, Petra, Undip bergabung di sini, untuk search jurnal, artikel dan ebook mereka cukup klik di nama institusinya, kemudian dilanjuti dgn narrow search yang terdapat di nawah laman mereka.

BROWSE BY FORMAT
Atau dengan klik menu electron articles http://onesearch.id/Summon/Home akan tampil laman Browse by Format
Dilanjuti dengan klik Journal Artikel, setelah tampil di bawah laman klik Narrow Search ke Limit to Artical with Full Text Avaiable, akan tampil 21.473.752 artikel siap diunduh, tinggal set subject Area dgn klik ke bidang ilmu yg dicari, Topic misalnya klik Research, Klik Bahasa yang dibutuhkan,  juga tahun terbit jurnal di set misalnya diketik atau set dari 2014 sampai 2016. Akan tampil Artikel yang kita butuhkan.

BROWSE REPOSITORIES
http://onesearch.id/Repositories
Terdapat 2.734 jurnal nasional dan internasional siap dinimati

BROWSE BY REGION & COUNTRIES
http://onesearch.id/Browse/Topic?findby=region&query_field=geographic_facet

BROWSE BY ERA (YEARS ISSUED)
http://onesearch.id/Browse/Topic?findby=era&query_field=era_facet

BROWSE BY ALPHABETICALLY
http://onesearch.id/Browse/Topic?findby=alphabetical&query_field=topic_facet

BROWSE BY TOPIC
http://onesearch.id/Browse/Topic

BROWSE BY GENRE
http://onesearch.id/Browse/Topic?findby=genre&query_field=genre_facet

Penyelenggaraan ON MIPA PT Tahun 2016

onmipa2016

Kepada Yth.

Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Di Lingkungan Wilayah X

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor: 33/B3.1/KM/20l6 tanggal 26 Januari 2016, perihal Penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2016, bersama surat ini disampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan dimaksud.

1. Seleksi dilaksanakan secara berjenjang yaitu :

  • Tahap I dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi untuk memilih 7 (tujuh) orang mahasiswa per bidang (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) dan hasilnya dikirim ke Kopertis Wilayah X paling lambat tanggal 18 Maret 2016 guna mengikuti seleksi tahap II (Tingkat Wilayah).
  • Seleksi tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan serentak pada tanggal 5-6 April 2016 oleh Kopertis Wilayah X. Bersamaan dengan seleksi Tahap II, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan juga menawarkan Penyelenggaraan Seminar “Strategi Penguatan Penyelenggaraan ON MIPA di Perguruan Tinggi” oleh Tim Pusat dan diikuti oleh para pendamping dari Perguruan Tinggi peserta. Seminar dapat diselenggarakan di Perguruan Tinggi.
  • Seleksi Tahap III (Tingkat Nasional)

Seleksi Tahap III akan diikuti oleh maksimal 64 mahasiswa setiap bidangnya yang terdiri atas:

a. Juara I dan II hasil seleksi tahap II ON MIPA-PT tingkat wilayah;

b. Peserta terbaik dari PTS dilingkungan Kopertis Wilayah X;

c. Juara II dan III OSN-Pertarrina Kategori Teori tahun 2015;

d. Khusus bidang Matematika, mahasiswa yang dikirim mewakili Indonesia untuk mengikuti Kompetisi

Internasional atau International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya dan belum pernah

meraih First Prize;

2. Syarat Peserta adalah mahasiswa:

  • Program studi Strata Satu (S-1) Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;
  • Maksimal semester 8;
  • Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) http://forlap.dikti.go.id
  • Belum lulus sampai dengan tanggal 31 Agustus pada tahun pelaksanaan seleksi;
  • Berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan;
  • Belum pernah mendapatkan medali emas atau Juara I masing-masing ON MIPA-PT atau OSN-Pertamina;
  • Peserta seleksi Tahap II adalah peserta terbaik hasil seleksi Tahap I dan mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan.

3. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan mengirimkan para juara bidang Matematika hasil ON MIPA-PT tingkat nasional untuk mengikuti ajang International Mathtematics Competition for University for Students (IMC) yang akan dilaksanakan di Blagoevgard, Bulgaria pada bulan Agustus 2016.

4. Form pendaftaran peserta terlampir.

Demikianlah disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Koordinator,

ttd

Prof. Ganefri. Ph.D

Unduh :

Penyelenggaraan ON MIPA dan Lampiran

Pengumuman Pengisian KRS

Kalender Akademik 2015-2016

Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau bahwa Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Semester Genap TA 2015/2016 dimulai pada tanggal 15 s.d 27 Februari 2016 dan Perubahan KRS pada tanggal 26 Maret 2016. Untuk lebih lengkap dapat dilihat pada Kalender Akademik berikut ini :

Kalender Akademik 2015-2016

download pdf : Kalender Akademik 2015-2016

Meluruskan Informasi Beasiswa PMDSU Tahun 2016

RistekDikti

Meluruskan informasi yang beredar bahwa pada tahun 2016 ini akan diselenggarakan penerimaan mahasiswa PMDSU Batch III, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa seleksi untuk penerimaan calon mahasiswa penerima beasiswa PMDSU Batch I telah dilaksanakan pada tahun 2013, sedangkan untuk batch II telah dilaksanakan pada tahun 2015.

Untuk tahun 2016 ini akan dilaksanakan seleksi untuk perguruan tingggi penyelenggara PMDSU Batch III, sedangkan untuk seleksi penerima mahasiswa calon penerima beasiswa PMDSU Batch III akan dilakukan pada tahun 2017.

Demikin informasi ini agar dapat diterima dengan baik.

Panel Informasi PMDSU 2014

Hasil evaluasi proposal dapat diunduh dengan login terlebih dahulu melalui menu Login disebelah kiri dengan menggunakan akun pengelola beasiswa (biasanya dipegang oleh admin Pascasarjana atau Direktorat Akademik).

Unduh Dokumen

 

Internship Program Magang

Internship Program Magang

Kami mengundang untuk bergabung bersama kami, kami membuka kesempatan untuk menemukan pengalaman baru dan menyediakan ruang untuk berbagi pengalaman dari kompetensi yang dimiliki selama 3 bulan bersama kami di Biro Kerjasama dan Komunikasi Publikasi Setjen Kemristekdikti. Untuk info lebih lanjut silahkan lihat foto terlampir

Lomba Debat Bahasa Inggris 2016

Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan setiap tahun mengadakan lomba debat berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal  31 Juli  s.d. 5Agustus 2016.

Sehubungan dengan hal tersebut kami sampaikan tahapan lomba/seleksi NUDC tahun 2016 sebagai berikut:

1. Tingkat Perguruan Tinggi
Perguruan tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan 1 (satu) tim terbaik yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator.

2. Tingkat Wilayah
Perguruan tinggi mendaftarkan 1 (satu) tim terbaik ke Kopertis Wilayah masing-masing dengan menggunakan format terlampir untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah. Pembagian perguruan tinggi tingkat wilayah dapat dilihat di dalam pedoman.

3. Tingkat Nasional
Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh 110 tim yang merupakan pemenang tingkat wilayah I s.d. XIV sesuai kuota. Adapun jumlah keseluruhan peserta tingkat nasional berjumlah 330 orang yang terdiri atas 220 mahasiswa Debaters dan 110 orang N1 Adjudicators.

Kuota maksimal tiap Kopertis Wilayah adalah sebagai berikut.

No Kopertis Kuota
1. Kopertis Wilayah I 9
2. Kopertis Wilayah II 7
3. Kopertis Wilayah III 11
4. Kopertis Wilayah IV 11
5. Kopertis Wilayah V 7
6. Kopertis Wilayah VI 9
7. Kopertis Wilayah VII 10
8. Kopertis Wilayah VIII 6
9. Kopertis Wilayah IX 8
10. Kopertis Wilayah X 8
11. Kopertis Wilayah XI 6
12. Kopertis Wilayah XII 6
13. Kopertis Wilayah XIII 6
14. Kopertis Wilayah XIV 6

4. Tingkat Internasional
Satu tim terbaik setelah tujuh babak penyisihan dan 3 (tiga) tim terbaik pada Grand Final Main Draw akan diprioritaskan untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia  World University Debating Championship (WUDC) 2016 di Belanda.

Pedoman Umum NUDC Tahun 2016 dapat diunduh di sini

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami mengucapkan  terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

ttd

Didin Wahidin

NIP 196105191984031003

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.