Archive for August, 2015

11 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti

11898692_826927680736084_2505960414739022577_n

11 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti

Senin, 17 Agustus 2015 11:50
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyusun klasifikasi dan pemeringkatan perguruam tinggi Indonesia.

Hasilnya, 11 PTN diklasifikasikan sebagai PT terbaik di Indonesia.
Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi perguruan tinggi terbaik dengan skor 3,743. Sementara, skor maksimalnya adalah 4,00

Menurut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti Patdono Suwignjo mengatakan klasifikasi perguruan tinggi terbaik disusun berdasarkan empat kriteria.

Keempat kriteria tersebut adalah kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan kualitas penelitian dan aplikasi ilmiah.

Patdono mengatakan, data yang digunakan adalah data yang dilaporkan seluruh universitas di Indonesia di pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) dan data eksternal seperti BAN PT dan Scopus per Desember 2014.

“Data dilaporkan dari 3320 PT. Dimana, klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia disusun sebagai upaya mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan akademik dan non-akademik,” katanya usai Upacara Hari Kemerdekaan Kemenristekdikti, Senin (17/8/2015).

Menurutnya, pemeringkatan juga sebagai landasan bagi kementerian untuk membina perguruan tinggi agar kualitasnya bisa meningkat.

Patdono melanjutkan, pemerintah berharap agar klasifikasi bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk merancang program-program perguruan tinggi.

Adapun berdasarkan data, ke 11 universitas tersebut adalah:
1. ITB dengan skor 3,743.
2. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor 3,690
3. Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan skor 3,490
4. Universitas Indonesia (UI) dengan skor 3,412
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan skor 3,289
6. Universitas Brawijaya dengan skor 3,217
7. Universitas Padjajaran dengan skor 3,075
8. Universitas Airlangga dengan skor 3,065
9. Universitas Sebelas Maret dengan skor 3,035
10. Universitas Diponegoro dengan skor 2,983
11. Universitas Hasanuddin dengan skor 2,978.

Sumber : http://wartakota.tribunnews.com

Baca juga:
Ini Daftar Universitas Terbaik di Indonesia versi KemRistekDikti

Senin, 17 Agustus 2015, 11:34 WIB
VIVA.co.id – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah mengumumkan klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi klaster pertama untuk tahun ini.

Diketahui, untuk menilai dan memposisikan perguruan tinggi tersebut, Kemenristek Dikti melakukannya berdasarkan empat kriteria, yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Empat kriteria tersebut memaparkan posisi setiap perguruan tinggi masing-masing, sehingga setiap kampus berada di urutan yang berbeda, berdasarkan empat kriteria itu.

Namun, bila dilihat secara keseluruhan, maka Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi nomor satu sebagai pemegang gelar perguruan tinggi terbaik secara keseluruhan, diikuti 10 perguruan tinggi lainnya.

10 Kampus yang dimaksud yakni Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin.

Berikut 10 besar kampus Indonesia yang berhasil masuk dalam 4 kriteria pemeringkatan Kemenristek Dikti.

Perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas SDM

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Universitas Negeri Malang (UM)
5. Universitas Indonesia (UI)
6. Universitas Negeri Makassar (UNM)
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
9. Universitas Airlangga (Unair)
10. Universitas Bengkulu

Perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas manajemen

1. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)
2. Universitas Gunadarma
3. ITS
4. UGM
5. UI
6. ITB
7. IPB
8. Universitas Kristen Petra
9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Islam Indonesia (UII)

Perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi

1. ITB
2. IPB
3. UI
4. UGM
5. Universitas Padjadjaran (Unpad)
6. Universitas Hasanuddin (Unhas)
7. UNS
8. Universitas Brawijaya (UB)
9. ITS
10. Universitas Diponegoro (Undip)

Perguruan Tinggi terbaik berdasarkan kualitas kegiatan mahasiswa

1. UGM
2. ITS
3. UB
4. ITB
5. IPB
6. UI
7. Unair
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
9. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
10. Undip

Sumber: VIVA.co.id

UMRI Utus Basket Putri untuk kegiatan POMWIl Kopertis Wilayah X

DSCF7797-min

Pekanbaru, UMRI mengutus tim basket putri untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Wilayah X (POMWIL X) yang dilaksanakan di Padang tanggal 10 – 11 Agustus 2015. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Kopertis Wilayah X yang pesertanya dari PTS yang ada dibawah Kopertis Wilayah X.

Walaupun tidak meraih prestasi tapi UMRI tetap bangga, karena Tim Basket Putri mampu menunjukan perlawanan sengit menghadapi STIKES Fort De Cock dalam memperebutkan tiket semi final, ke depan kita akan meningkatkan pembinaan kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa dengan mempersiapkan segala fasilitasnya, tutur Baidarus, M.M., M.Ag (Warek 3).

Indah, kapten tim menyampaikan bahwa kami sangat senang bisa mewakili UMRI untuk kegiatan tersebut, walaupun hanya persiapan 5 hari kami bisa memberikan perlawanan dan saya sangat bangga memakai seragam tim UMRI.

Kegiatan POMWIL X salah satunya bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar mahasiswa se – Kopertis Wilayah X.

Ayoo.. mahasiswa UMRI mari tingkatkan prestasi demi kemajuan diri…(red)

Uji Kompetensi Program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners Periode kedua Bulan September 2015

Selengkapnya Unduh disini

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.