Archive for the ‘Informasi Mahasiswa’ Category

Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Screenshot_263

Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

Salah satu upaya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan perguruan tinggi adalah melalui berbagai program kewirausahaan seperti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) telah dimunculkan sejak tahun 1998, dan Cooperative Education Program (Co-Op) di Industri. Kemudian, pada tahun 2003 program Cooperative Education Program (Co-Op) dikembangkan di UMKM. Sedangkan programa selanjutnya adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diluncurkan pada tahun 2009. Program ini memberikan bantuan modal untuk memulai berwirausaha bagi mahasiswa, agar mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan kewirausahaan yang telah diperoleh dari berbagai program yang telah ada seperti PKMK, PBBT UMKM, atau program lainnya yang ada di PT masing-masing.

Pada tahun 2017 ini dilakukan revitalisasi program kewirausahaan menjadi Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang terdiri dari 4 program utama yaitu : Studium General Kewirausahaan, Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT), Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (EXPO KMI). Integrasi keempat program ini dimaksudkan agar kegiatan pembinaan kewirausahaan bagi mahasiswa dapat menghasilkan kemampuan berwirausaha yang sesungguhnya bagi mahasiswa. Sehingga tidak hanya terjadi perubahan pola berpikir, terjadinya peningkatan kemampuan dan ketrampilan berwirausaha namun hingga memiliki pengalaman berwirausaha paling dasar untuk nantinya dapat mengembangkan kemampuan ini lebih lanjut dengan berbasis keilmuannya.

Akhir kata, pedoman ini dibuat agar perguruan tinggi yang berminat memiliki gambaran lebih komprehensif tentang tata cara pengusulan proposal serta prosedur dan mekanisme pelaksanaan berbagai program kewirausahaan terintegrasi ini. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak terutama tim yang telah membantu revisi buku pedoman ini.

Jakarta,    Maret 2017
Direktur Jenderal Pembelajaran
dan Kemahasiswaan

Intan Ahmad

Lampiran :
Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

International Seminar Quality Assurance for Online Education with APEC

 International Seminar Quality Assurance for Online Education with APEC

 Untuk Informasi Lebih Lanjut Bisa di Unduh dibawah ini :

International Seminar Quality Assurance for Online Education with APEC 14 Maret 2017

 

 

Beasiswa Brunei Darussalam

Beasiswa Brunei Darussalam

Disampaikan bahwa melalui nota diplomatik Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Negara Brunei Darussalam No.AD/051/2017 tanggal 13 November Februari 2017, Pemerintah Negara Brunei menawarkan beasiswa kepada 5 (lima) orang pelajar Indonesia dengan skema “Brunei Darussalam Goverment Scholarship to Foreign Stundent tenable in Brunei Darussalam for 2017/2018 Academic Session”. Pengajuan aplikasi beasiswa paling lambat tanggal 13 Maret 2017. Formolur pendaftara dan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dapat diunduh di website www.mofat.gov.bn

Unduhan : lampiran

The 4th International Conferenceon New Media & 2017 International Conference on Smart Cities, Automation & Intelligent Computing Systems

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) akan mengadakan seminar yang mengangkat isu-isu terkini terkait bidang digital media dan teknologi otomasi serta perkembangan smaft city, yaitu The 4th lnternational Conference on New Media (CONMEDIA 2017) & 2017 lnternational Conference on Smart Cities, Automation & lntelligent Computing Systems (ICON-SON|CS 2017). CONMEDIA dan ICON-SONICS didirikan sebagai forum yang membentuk suatu jejaring internasional yang akan membantu para peneliti, baik peneliti dari luar negeri maupun peneliti lokal khususnya untuk dapat mendiseminasikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan pada lingkungan internasional.CONEMDIA 2017 &ICON-SONICS 20’17 akan jadwalkan selama tiga hari di Hotel Santika Premiere Jogja, Yogyakada pada 08-10 November 2017. Setiap makalah yang telah diterima dan diregistrasi, wajib untuk dipresentasikan. Makalah-makalah tersebut selanjutnya akan disubmit ke dalam jejaring lEEExplore yang terindeks oleh SCOPUS, Dengan catalog number & ISBN IEEE:

CFP1703X-ART, ISBN 978-1 -5090-6284-3 (XPLORE COMPLIANT CONMEDIA 2017)

CFP16SON-ART, ISBN 978-1 -5090-6280-5 (XPLORE COMPLIANT ICON-SONICS 2017)

Sehubungan dengan hal itu, kami mohon bantuannya untuk dapat menyebarluaskan informasi ini di tempat Saudara.

Unuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi kontak berikut ini:

CONMEDIA 2017: hltp://conmedia.umn.ac.id/ (email: conmedia2017@umn.ac.id)

ICON-S0NlCS 2017: http://iconsonics.umn.ac.id/icon-sonics2017/ (iconsonics@umn.ac.id)

Atas perhatian dan bantuannya kami mengucapkan terima kasih.

Unduh:

The 4th International Conferenceon New Media & 2017 International Conference on Smart Cities, Automation & Intelligent Computing Systems

Akreditasi Institusi & Program Studi UMRI

logo Umri OK

akreditasi-institusi-umriakreditasi-prodi-1akreditasi-prodi-2akreditasi-prodi-kep

Tawaran Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2017

Screenshot_263

Tawaran Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2017

Yth.

  1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
  2. Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I s.d. XIV

Dalam rangka menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat desa, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti kembali menawarkan ke berbagai bentuk organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau lembaga eksekutif mahasiswa untuk mengikuti Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2017.

Mohon kepada pemimpin Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I s.d. XIV untuk dapat menyampaikan tawaran PHBD ke organisasi mahasiswa di lingkungan masing-masing.

Kepada organisasi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti PHBD dapat mengusulkan pra-proposal melalui laman: http://phbd.ristekdikti.go.id/ paling lambat tanggal 12 Maret 2017. Sistematika penulisan pra-proposal dan ketentuan lainnya dapat merujuk pada pedoman yang dapat diunduh melalui laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/ atau http://phbd.ristekdikti.go.id/.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

TTD

Didin Wahidin

Tembusan:

  1. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
  2. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri
  3. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV

Lampiran :

  1. Pedoman PHBD 2017

Program Bantuan Dana Kegiatan Kemahasiswaan Tahun 2017

Screenshot_263

Program Bantuan Dana Kegiatan Kemahasiswaan

Yth.

  1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan
  2. Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I s.d. XIV

Untuk mendorong para mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ko-ekstra kurikuler dana tau berorganisasi, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, menawarkan bantuan dana kepada mahasiswa, kelompok mahasiswa atau organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau lembaga eksekutif guna mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan.

Mohon kepada pemimpin Perguruan Tinggi Negeri Bidang Kemahasiswaan dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I s.d. XIV untuk dapat menyampaikan Program ini kepada mahasiswa dan organisasi mahasiswa dilingkungan masing-masing. Pedoman pengajuan bantuan dapat diunduh di belmawa.ristekdikti.go.id

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Direktur Kemahasiswaan

TTD

Didin Wahidin

Tembusan:

  1. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
  2. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri
  3. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV

Lampiran :

  1. Pedoman Dana Bantuan Keg-ormawa2017

Penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2017

Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa bidang MIPA, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2017 dengan ketentuan sebagai berikut :1. Seleksi dilaksanakan secara berjenjang yaitu:

  1. Seleksi Tahap I dilaksanakan oleh perguruan tinggi untuk memilih 7 (tujuh) orang mahasiswa per bidang (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) dan hasilnya dikirim ke Kopertis Wilayah masing-masing paling lambat tanggal 8 Maret 2017 untuk mengikuti seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah).
  2. Seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22-23 Maret 2017 oleh Kopertis di 14 (empat belas) wilayah sebagai berikut:
1) Wilayah I 1. Sumatera Utara
2) Wilayah II
  1. Sumatera Selatan,
  2. Bangka Belitung,
  3. Bengkulu, dan

5. Lampung

3) Wilayah III 6. Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, termasuk Bogor, Depok, Bekasi, dan7. Banten
4) Wilayah IV 8. Jawa Barat, kecuali Bogor, Depok dan Bekasi
5) Wilayah V 9. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
6) Wilayah VI 10. Jawa Tengah
7) Wilayah VII 11. Jawa Timur
8) Wilayah VIII 12. Nusa Tenggara Timur, 13. Nusa Tenggara Barat, dan 14. Bali
9) Wilayah IX 15. Sulawesi Selatan, 16. Sulawesi Utara,
17. Sulawesi Tengah, 18. Sulawesi Tenggara, 19. Sulawesi Barat, dan 20. Gorontalo
10) Wilayah X 21. Sumatera Barat, 22. Riau,

 

23. Kepulauan Riau (Kepri), dan 24. Jambi
11) Wilayah XI 25. Kalimantan Selatan, 26. Kalimantan Barat
27. Kalimantan Tengah 28. Kalimantan Timur, dan 29. Kalimantan Utara
12) Wilayah XII 30. Maluku, dan 31. Maluku Utara
13) Wilayah XIII 32. Aceh
14) Wilayah XIV 33. Papua, dan 34. Papua Barat

c. Seleksi Tahap III (Tingkat Nasional)
Seleksi Tahap III akan diikuti oleh maksimal 64 mahasiswa setiap bidangnya yang terdiri atas:

  1. Juara I dan II hasil seleksi Tahap II ON MIPA-PT tingkat wilayah;
  2. Peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah;
  3. Juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2016;
  4. Mahasiswa peraih nilai tertinggi seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untukmemenuhi kuota maksimal.

Pada Tahap III ini akan ditentukan 20 peserta terbaik per-bidang dengan pengelompokan:

  1. tiga peraih medali emas;
  2. lima medali perak;
  3. tujuh medali perunggu; dan
  4. lima honorable mention.
  1. Peserta adalah mahasiswa:
    1. program studi Strata Satu (S1) perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
    2. maksimal semester 8;
    3. terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) http://forlap.dikti.go.id ;
    4. belum lulus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2017;
    5. berasal dari bidang ilmu MIPA atau yang relevan.
    6. Peserta belum pernah mendapatkan medali emas atau Juara I masing-masing dalamON MIPA-PT atau OSN-Pertamina.
    7. Khusus peserta matematika, belum pernah mengikuti kompetisi International MathematicsCompetition for University Students (IMC).
    8. Peserta seleksi Tahap II adalah peserta terbaik hasil seleksi Tahap I dan mendapatkan rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.
  2. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan mengirimkan para juara bidang Matematika hasil ON MIPA-PT tingkat nasional untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition for University Students (IMC) yang akan dilaksanakan di Blagoevgrad, Bulgaria pada bulan Juli s.d. Agustus 2017.

Kepada pimpinan Kopertis Wilayah mohon bantuan untuk dapat memfasilitasi dan atau mempersiapkan kegiatan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan.

  1. Pedoman Umum ON MIPA-PT Tahun 2017 dapat diunduh di laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/ dan komunikasi melalui email jokinugroho@gmail.com.

Atas perhatian, partisipasi dan kerja sama yang baik kami mengucapkan terima kasih.

Unduh:

  1. Edaran ON MIPA PT 2017
  2. PEDOMAN-ONMIPA-PT-2017

Perpanjangan Batas Akhir Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) : PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) & PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) Tahun 2017

Menyusuli surat kami nomor 76/B3.1/KM/2017 tanggal 13 Januari 2017 perihal Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) : PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) & PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) Tahun 2017, dengan hormat kami sampaikan sebagai berikut :

  1. Batas akhir penerimaan proposal secara daring melalui simbelmawa.ristekdikti.go.id diperpanjang sampai dengan tanggal 12 Februari 2017 pukul 23:59 WIB. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka proses pengunggahan proposal tidak dapat dilakukan.
  2. Ditjen Belmawa tidak menerima usulan proposal dalam bentuk email, CD ataupun hardcopy. Hardcopy proposal disimpan di perguruan tinggi pengusul untuk keperluan administrasi
  3. Bagi perguruan tinggi yang belum memiliki akun operator dapat mengajukan permohonan pembuatan akun dengan format terlampir.
  4. Pedoman PKM 2016 dapat diunduh melalui beranda laman simbelmawa.ristekdikti.go.id.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon kesediaan Saudara berkenan menyampaikan informasi dimaksud kepada seluruh mahasiswa pendaftar proposal PKM di lingkungan perguruan tinggi Saudara agar diketahui.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Unduh:
PKM 2017 Penerimaan Proposal PKM KT 2017 – Extensi

Youth Economic Leadership Program Bank Indonesia Institute

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.